Rabu, 20 Oktober 2010

Kuansing Juaraa IV Umum Mtq Riau 2010

Usai sudah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau yang diadakan di Kabupaten Kuantan Singingi. Perhelatan besar tersebut telah meninggalkan banyak kesan bagi seluruh Kabupaten / Kota yang mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau yang ke XXIX. Tentunya tidak terkecuali untuk tuan rumah.

Kabupaten Kuantan Singingi.Pada pelaksaanaan MTQ tahun ini  meperoleh peringkat umum IV terbaik sepanjang sejarah Kuansing terpisah dari Kabupaten Indragiri Hulu. Walaupun Kuansing tak mampu menjadi juara umum satu di tanah kelahirannya. Tapi Kafilah Kuansing telah mampu memposisikan dirinya sebagi perngkat ke IV, Yang mana pada tahun lalu Kafilah Kabupaten Kuansing hanya mampu pada urutyan ke VIII.

Kabupaten Kampar akhirnya keluar sebagai juara umum MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi 10-17 Oktober. Kepastian Negeri Serambi Mekkan ini diumumkan pada penutupan MTQ Riau 2010 di Stadion Sport centre Kuansing di Kelurahan Sungai Jering, Teluk Kuantan.
Berdasarkan pengumuman dewan hakim yang disampaikan ketua dewan hakim H Emrizal Pakis, Kampar mengumpulkan poin tertinggi dengan jumlah poin 68. Juara II disusul oleh Kafilah Pekanbaru yang mengoleksi 67 poin. Kemudian Juara II ditempati oleh  Kabupaten Rohil dengan total poin 59 poin.

Sementara itu tuan rumah MTQ 2010 Kabupaten Kuantan berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat ketujuh pada MTQ 2009 lalu menjadi peringkat IV dengan koleksi 32 poin dan peringkat ke V Kabupaten Siak.
Pada acara penutupan ini juga disampaikan juara stan pameran dan bazar produk unggulan daerah dalam rangka MTQ Riau 2010 serta juara pawai pembukaan MTQ 2010. Untuk pawai dan bazar  Juara Umum I   direbut Kota Pekanbaru dengan Nilai 765. Begitu juga dengan pawai taaruf Pekanbaru juga tampil sebagai juara dengan poin 978.

Penutupan MTQ Riau 2010 berlangsung penuh himat dan cukup meriah. Rangkaian acara penutupan dimulai dengan tari persembahan dan defile kafilah MTQ Riau 2010, pembacaan ayat suci   Alquran oleh qoriah terbaik cabang tilawah dewasa putri MTQ Riau 2010 Novrianti dari Kuansing.
Puluhan ribu masyarakat turut meramaikan upara penutupan yang ditutup oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Wan Syamsir Yus dengan ditandai dengan penekanan sirine.
Turut hadir pada acara penutupan ini pimpinan dan anggota DPRD Riau, Muspida Riau, Bupati Kuansing H Sukarmis, Wakil Bupati Kuansing H Mursini, Selda Kuansing H Zulkifli yang juga ketua umum MTQ Riau 2010, Bupati dan walikota se-Riau beserta istri dan yang mewakili, Wakil Bupati/walikota se-Riau
dan istri, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau H Asyari Nur, pimpinan dan anggota DPRD kabupaten/kota se-Riau, unsur Muspida Kabupaten/kota se-Riau, Sekdakab, Ketua dna pengurus Riaudan LPTQ kabupaten/kota se-Riau, Ketua Umum MUI Riau, dewan hakim dan majelis hakim MTQ -29, tokoh agama, tokoh  masyarakat, tokoh pemuda serta kafilah kabupaten/kota.

Gubri dalam amanatnya yang disampaikan Wan Syamsir Yus mengatakan, apapun hasil dari pelaksanaan MTQ Riau ini hendaknya disambut dengan gembira dan diterima oleh semua kalangan. Jika ada kekurangan hendaknya diperbaiki pada penyelenggaraan MTQ selanuutnya.
"Semua kafilah hendaknya pulang ke daerah tanpa membawa hal-hal yang dianggap masalah," ujar Gubri.
Sementara itu Bupati Kuansing H Sukarmis dalam sambutannya menyampaikan dengan penyelenggaraan MTQ hendaknya diambil hikmah dan nilai tambah serta mampu memberikan  penghayatan dan pengalaman nilai Alquran dan membentuk manusia beriman dan bertaqwa. Sehingga penyelnggaran MTQ yang diadakan rutinintas bisa bangun generasi Qurani.
Pada kesempatan itu, Sukarmis mengucapkan Selamat kepada seluruh pemenang lomba dan harap prestasi ditingkatkan. "Perserta yang belum berhasil jangan patah semangat karena banyak esempatan.
Pemkab mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau, Bupati dan walikota se Riau, dan LPTQ serta seluruh kafilah yang bantu penyelenggaran MTQ Riau ke-29. Pemkab dan masyarakat mohon maaf ataskelalaian dan kekurangan atas penyelenggaraan MTQ XXIX," ungkap Sukarmis.

LPTQ Riau Puji Kuansing
Sementara itu Ketua Umum LPTQ Riau DR Suryan Jamran menilai tuan rumah MTQ 2010 Kuansing layak dicontoh oleh kabupaten kota lain di Riau yang akan menjadi pelaksana MTQ berikutnya.
"Bukan  maksud berbasa basi memuji dan mengambil hati. Ini adalah bukti bahwa Kuansing panitia pelaksana MTQ yang paling layak di contoh. Kabupaten manapun yang jadi pelaksana MTQ seyogyanya datang dan beguru ke di Kuansing  baik sistem akomodasi, konsumsi, dan pengaturan sarana prasana cabang lomba," ungkap Suryan.
Dalam pengarahannya Suryan menyoroti masih adanya permasalahan yang dilakukan oleh kafilah kabupaten kota yang menggunakan kafilah dari luar daerah provinsi Riau. Ia mengharapkan agar kedepan kabupaten kota dapat memberdayakan kafilah daerah.

Sementara itu, Ketua umum Panitia MTQ Riau 2010, H Zulkifli menyampaikan, MTQ Riau di Kuansing diikuti 12 kabupaten kota dengan rincian peserta masing-masing kabupaten kota  Pekanbaru mengirimkan 41 peserta , Kampar 42 orang, Inhil 42, Inhu 36, Kuansing 37, Pelalawan 30 orang, Rohil 42, Rohul 37, Siak 35 orang, Bengkalis 37 orang, Dumai 23 orang dan Kabupaten Kepualuan Meranti 29 orang.

Atas nama panitia MTQ kata Sekda Kuansing tersebut, panitia mohon maaf kepada seluruh peserta jika terjadi kekurangan.hir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUTRA SIMANDOLAK YANG BERCITA-CITA MASUK SURGA